'/> Malam Lailatul Qodar Tahun Ini -->

Info Populer 2022

Malam Lailatul Qodar Tahun Ini

Malam Lailatul Qodar Tahun Ini
Malam Lailatul Qodar Tahun Ini
Lailatul Qodar Tahun2018

Malam Lailatul Qadar, satu malam yang ludang keringh baik dari seribu bulan atau  malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada seluruh umat Islam yang menanti-nanti cuilan dari pelimpahan tersebut.

Lailatul Qadar juga sanggup diartikan sebagai malam yang ludang keringh baik dari seribu bulan, dan datangnya malam Lailatul Qadar ini ialah pada 10 malam terakhir di bulan suci Ramadan. Dan ibarat yang dihadistkan oleh Aisyah dimana Rasulullah melaksanakan i'tikaf disepuluh malam terakhir bulan bulan berkat tersebut dan Rasulullah bersabda yang artinya 'carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadan'.

Malam datangnya Lailatul Qadar ini oleh Allah diwujudkan pada malam-malam ganjil, akan tetapi menurut keyakinan tiap-tiap umat islam yang memulai awal puasa pada hari atau tanggal yang tidak sama, maka umat islam yang memang benar-benar sangat mengharapkan pelimpahan Lailatul Qadar biar sanggup mencarinya di setiap 10 malam terakhir bulan Ramadhan supaya kaum muslimin yang menghendaki mendapat Lailatul Qadar, Agar di 10 malam terakhir ini kita tidak mengalami halangan ibarat mengantuk, atau tubuh terasa berat dan malas, maka awalilah dengan niat dan berbuka puasalah dengan sekedarnya, biar kita garang dalam menjalankan ibadah yang wajib atau sunah sehingga dengan demikian apa yang kita inginkan untuk mendapat Lailatul Qadar akan di kabulkan oleh Allah SWT.

Datangnya malam Lailatul Qadar
Seperti yang telah di jelaskan diatas, bahwa Lailatul Qadar akan tiba pada malam ganjil yaitu pada 10 malam terakhir bulan Ramadan, dan dibulan ini pada tahun 2018, Saudara sanggup mencari malam Lailatul Qadar tersebut mulai Selasa 5 Juni 2018, atau 21 Ramadhan 1439H. Di mulai dari tenggelamnya matahari hingga terbit fajar subuh.

"Malam kemuliaan itu ludang keringh baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar." (QS. Al-Qadr: 3-5)”

Yang dilakukan biar mendapat Lailatul Qadar
Adapun beberapa hal yang sanggup Saudara Muslim lakukan biar mendapat Lailatul Qadar tersebut ialah dengan cara shalat isya' berjamaah dan bertekad untuk melaksanakan salat subuh secara berjamaah. Hal tersebut juga terdapat di dalam sebuah hadist Imam As-Syafi'i dalam Al-Umm.

Dan yang diriwayatkan Imam Syafi'i beserta ulama lainnya tersebut sejalan dengan hadits dari 'Utsman bin 'Affan radhiyallahu 'anhu, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wassallam bersabda:

"Siapa yang mengmunculi shalat 'Isya berjamaah, maka baginya pahala shalat separuh malam. Siapa yang melaksanakan shalat 'Isya dan Shubuh berjamaah, maka baginya pahala shalat semalam penuh." (HR. Muslim no. 656 dan Tirmidzi no. 221)”.

Amal ibadah di malam Lailatul Qadar tidaklah hanya dengan salat saja. Akan tetapi juga harus dibarengi dengan memperbanyak dzikir, sholawat serta tilawah Al-Qur'an. menurut hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu menjelaskan bahwa amalan yang ludang keringh utama pada malam Lailatul Qodar ialah shalat, baik itu shalat wajib maupun sunah.

Hari dan tanggal ganjil Malam Lailatul Qodar Tahun 2018
   * Selasa, 05 Juni 2018 / 21 Ramadhan 1439 Hijriah
   * Kamis,07 Juni 2018 / 23 Ramadhan 1439 Hijriah
   * Sabtu, 09 Juni 2018 / 25 Ramadhan 1439 Hijriah
   * Senin, 11 Juni 2018 / 27 Ramadhan 1439 Hijriah
   * Rabu, 13 Juni 2018 / 29 Ramadhan 1439 Hijriah

Lakukan ini dikala malam Lailatul Qadar:
a.     Memperbanyak shalat sunnah.
b.     Mmperbanyak dzikir.
c.      Memperbanyak do’a “Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni”.
d.     Mermbanyak tilawah Al-Qur'an atau tadarus.

Walaupun demikian, Saudara disarankan biar mencari Lailatul Qadar di tiruana malam di 10 hari terakhir Ramadan, dan upaya tersebut tidak akan ada yang percuma. sebab, tiruana itu ialah merupakan bentuk ibadah dan diberi'tikaf pada bulan bulan berkat dan Allah SWT akan melipatkangandakan pahalanya.

Doa Pada Malam Lailatul Qadar
Adapun Doa malam Lailatul Qadar yang pernah diajarkan oleh Rasulullah.

Do’a Lailatul Qadar:

"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni"
Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau menyayangi orang yang meminta maaf, risikonya maafkanlah aku).

Doa tersebut begitu jaami' atau komplit serta syarat akan arti, walaupun singkat, namun Doa tersebut mengandung ketundukan hamba pada Allah dan pernyataan bahwa insan tidak lah sanggup luput dari dosa-dosa. Dan meminta ampunan ibarat ini tidaklah terbatas pada bulan bulan berkat saja, melainkan di bulan-bulan lain kita juga sanggup mengamalkan Doa tersebut

Demikian semoga berguna dan salam METIF-Media Edukatif.
Advertisement

Iklan Sidebar