'/> Tari Tradisional Betawi Dki Jakarta Tari Topeng -->

Info Populer 2022

Tari Tradisional Betawi Dki Jakarta Tari Topeng

Tari Tradisional Betawi Dki Jakarta Tari Topeng
Tari Tradisional Betawi Dki Jakarta Tari Topeng
Pola Lantai Tari Tari Topeng Khas Betawi Adalah 
Garis Lengkung, dan Campuran.

METIF -Tari Topeng merupakan  salah satu tarian etika khas masyarakat Betawi yang bermukim di wilayah ibu kota Negara Jakarta dan sekitarnya dan masyarakat Betawi menggunakan tari topeng ini sebagai ciri khas dari budaya daerahnya, Tari Topeng ini merupakan perpaduan antara kesenian tari, seni musik, seni suara menyerupai halnya sebuah pertunjukan teater atau opera, dimana sang penari membawakan tariannya yang diiringi musik dan juga lagu. Tari Topeng khas Betawi bersifat komunikatif hal tersebut tampak dari alur gerak tarian yang dibawakannya.

Pada awalnya Tari Topeng khas Betawi ini oleh para seniman ditampilkan dengan cara berkeliling ke kampung-kampung, ada juga yang sengaja mengundang grup Tari Topeng ini untuk mengisi program hiburan pada program hajatan menyerupai ijab kabul atau khitanan yang sedang diselenggarakan oleh masyarakat. Menurut dongeng yang berkembang di masyarakat Betawi tari Topeng ini juga dipercaya sebagai tarian tolak bala, atau sanggup menjauhkan dari segala mara petaka. Seiring perkembangan jaman kepercayaan itu sekarang sudah mulai luntur, dan mengakibatkan Tari Topeng ini sebagai tarian untuk hiburan saja. Kendatipun kepercayaan tersebut telah luntur, namun Tari Topeng ini tetap ditampilkan ketika mengisi acara-acara yang bersifat keadatan.

Saat menampilkan Tari Topeng khas Betawi ini biasanya pada awalnya diiringi dengan mengembangkan nyanyian-nyanian atau lagu khas Betawi, dan diiringi dengan alat musik khas Betawi. Setelah itu barulah para penari mulai keluar dan mulai menari dengan mengenakan topengnya masing-masing, untuk jenis gerakan tarian yang akan dibawakan selalu diadaptasi dengan tema yang akan dibawakan, dan Tema yang biasanya dibawakan juga variatif, ada yang membawakan tema wacana Kehidupan Masyarakat, Kritik Sosial, Nasehat, Legenda dan lain-lain.

Tari Topeng khas Betawi ini juga tergolong tarian yang bersifat teatrikal, sehingga ketika menampilkan tarian ini, sang penari biasanya memberikan majemuk pesan moral yang disampaikan melalui gerakan-gerakan tarinya, adapun jenis alat musik tempat Betawi yang biasanya digunakan untuk mengiringi tarian tersebut diantaranya ialah alat musik rebab, alat musik gendang besar, alat musik kempul, alat musik kromong tiga, alat musik kecrek, alat musik kulanter dan alat musik gong buyung. 

Busana atau Kostum yang digunakan ketika pementasan Tari Topeng Betawi juga diadaptasi dengan tema yang akan di bawakan, tetapi kebanyakan menggunakan pakaian khas Betawi, untuk penari laki-laki biasanya menggunakan pakaian etika Betawi  berwarna hitam, kaos oblong berwarna putih, celana panjang dengan motif batik atau warna hitam polos, dan kain sarung yang di selempangkan di pundaknya, sudang kecepelah golok yang dipasang di serpihan pinggang. Pada serpihan kepala biasanya menggunakan peci atau homogen ikat kepala lainnya.

Sedangkan penari perempuan biasanya memaki busana kebaya khas Betawi yang ditidak ada yang kurangi dengan selendang  serta aksesoris perhiasannya. Di serpihan kepala biasanya menggunakan mahkota warna-warni atau biasa disebut dengan nama kembang topeng dan yang dilarang ketinggalan lagi ialah Topeng yang dipasang di wajahnya, jenis Topeng yang digunakan oleh para penari terbuat dari materi kayu. Topeng-topeng tersebut tidak ditidak ada yang kurangi dengan pengikat pada serpihan kepala, akan tetapi penari memakainya dengan cara menggigit serpihan dalam topeng sehingga topeng tersebut melekat di wajah mereka.

Baca Juga :

Membawakan Tari Topeng khas Betawi ini tidak lah sememperringan dan sepele yang kita bayangkan, terdapat 3 hal yang harus dimiliki oleh para penari topeng ini. Tiga hal tersebut ialah penari harus gendes atau luwes dan lemah gemulai. Penari harus ceria, dilarang membawakan tarian ini dengan loyo atau tidak bersemangat. Dan yang memberikankutnya penarinya juga harus lincah serta sanggup bergerak bebas dan teratur.

Perkembangan seni Tari Topeng khas Betawi  ini sekarang tidak cuma dipentaskan ketika program hiburan atau diacara pesta ijab kabul dan khitanan saja. Tetapi ludang kecepeh dari itu, Tarian Topeng ini juga sudah sering  ditampilkan ketika program besar etika Betawi di Jakarta. Tari Topeng Khas Betawi ini sudah berkembang dengan pesat, begitupula variasi nya semakin banyak juga, diantaranya ialah jenis variasi lipet gandes, variasi tari enjot-enjotan, variasi tari topeng tunggal, variasi tari topeng cantik, varasi tari gegot, variasi tari topeng putri, variasi tari kang aji dan variasi tari topeng ekspresi.

Nah itulah tadi artikel wacana Tari Tradisional Betawi DKI Jakarta Tari Topeng yang admin sajikan dikesempatan kali ini, agar memberi manfaat bagi kita tiruana dan salam METIF-Media Edukatif.
Advertisement

Iklan Sidebar