'/> Fungsi Dan Keunikan Rumah Watak Provinsi Kalimantan Timur -->

Info Populer 2022

Fungsi Dan Keunikan Rumah Watak Provinsi Kalimantan Timur

Fungsi Dan Keunikan Rumah Watak Provinsi Kalimantan Timur
Fungsi Dan Keunikan Rumah Watak Provinsi Kalimantan Timur
Rumah Lamin suku Dayak Kalimantan Timur

METIF -Rumah susila yang berasal dari provinsi Kalimantan Timur ini yakni bernama  Rumah Lamin, Rumah Lamin merupakan Rumah susila yang juga sebagai keterangan diri masyarakat suku Dayak Kenyah Provinsi Kalimantan Timur ini, dan rumah Lamin  mulai resmi di jadikan sebagai rumah susila Provinsi Kalimantan Timur semenjak tahun 1967 silam.

Adapun Keunikan yang di miliki Rumah Lamin ini tampak pada struktur dan juga ukuran bangunannya, rumah lamin ini mempunyai desain panggung berukuran besar dan juga berdaya tampung cukup banyak, hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat suku Dayak Kenyah dari Kalimantan Timur  ini mempunyai abjad sifat kekeluargaan serta perilaku cinta kedamaian yang tinggi.

Dalam satu rumah lamin ini sanggup menampung 12 sampai 30 keluarga, dan sanggup menampung sedikitnya 100 orang , jumlah sebanyak itu tentu alasannya di tunjang dengan ukuran rumah Lamin memanglah sangat besar, panjang Rumah Lamin ini mencapai sampai 300 m,sedangkan lebarnya yakni 15 m, dan untuk ketinggian rumah Lamin ini yakni sekitar 3 m.

Untuk bab tiang pada rumah susila Lamin ini terbagi menjadi dua bab yang diantaranya yakni tiang yang berfungsi penyangga atap ataupun bab bangunan yang paling inti, sedangkan untuk bab yang selanjutnya yakni berupa tiang penyangga bab lain-lainnya, dan biasanya tiang tersebut di fungsikan sebagi penyangga bab lantai rumah Lamin ini, dan uniknya lagi tiang-tiang penyangga itu umumnya berbentuk menyerupai tabung.

Bagian Pintu masuk rumah ini dihubungkan dengan beberapa buah tangga, tangga tersebut berfungsi sebagai jalan yang untuk sanggup memasuki bab dalam rumah Lamin tersebut.

Pada bab depan rumah, atau halaman rumah Lamin terdapat patung-patung atau totem terbuat dari kayu dengan jumlah tidak mengecewakan banyak.

Sedang pada bab tengah rumah Lamin ini, kita juga akan melihat sebuah tiang yang berukuran besar dan terbuat dari materi dari kayu, adapun fungsi dan kegunaan tiang tersebut yakni sebagai tempat untuk mengikat hewan dan makhluk hidup hewan dan makhluk hidup peliharaan atau hewan dan makhluk hidup ternak yang sengaja di pelihara oleh pemilik rumah Lamin ini.


Strukur Bangunan Rumah Adat Lamin

1. Terdapat Ornament Ukiran
Adapun ciri khas dari rumah Lamin ini yakni yang terdapatnya ornamen ukiran-ukiran etnik Dayak Kenyah  yakni berupa gambar yang mengandung pengertian dan penjelasan, dan pada umumnya gambar tersebut di wujudkan dalam bentuk  motif makhluk hidup seperti. menyerupai wajah manusia, yang mengisahkan kegiatan perburuan,motif tumbuh-tumbuhan, dan lain-lain.

Menurut kepercayaan yang berkembang di masyarakat etnik Dayak Kenyah ukiran-ukiran yang di pahat ini dipercaya sanggup menjaga keluarga yang menghuni rumah Lamin ini supaya terhindar dari segala ancaman ancaman baik itu faktual atau yang bersifat sihir atau homogen ilmu hitam yang kedatangannya tidak disangka-sangka, dan untuk urusan ilmu spiritualis dan kebatinan itu sendiri sebenarnya masyarakat Dayak Kenyah ini juga terbilang sangat besar lengan berkuasa .

2. Fungsi Rumah Adat Lamin Kalimantan Timur

Adapun Fungsi atau kegunaan dari rumah tradisional susila Dayak Kenyah yang di sebut Rumah Lamin ini terbagi-bagi atas tiga fungsi menurut tiap-tiap ruangan nya, adapun bagian-bagian tersebut meliputi bab dapur, bab ke dua yakni ruangan tidur, sedangkan yang ketiga yakni ruang tamu.

Nah memberikankut ini yakni fungsi dari tiap-tiap ruangan diantaranya yakni :

a. Fungsi Ruangan Tidur
Seperti ruangan-ruangan tidur pada umumnya, bahwa ruang tidur ini berfungsi sebagai tempat memberikanstirahat atau tidur bagi keluarga, dan biasanya ruangan tidur ini dimiliki oleh tiap-tiap orang yang tinggal di rumah Lamin ini, dan ruangan tidur ini letaknya juga berderet antara satu sama lain.

Dan ruangan tidur antara perempuan dan laki-laki di buat terpisah, terkecuali bagi laki-laki dan perempuan yang sudah sah berumah tangga.

b. Fungsi Ruang Tamu
Adapun fungsi dari ruang tamu yang berada di rumah Lamin ini yakni sebagai ruangan untuk mendapatkan tamu atau bisa juga dipakai sebagai tempat melangsungkan pertemuan-pertemuan adat.

Adapun ciri-ciri Ruang tamu ini yakni semacam ruangan kosong dengan ukuran cukup panjang, dan posisinya berada pada sisi bab luar dari rumah susila Lamin ini, untuk memasuki ruangan ini si pemilik rumah sudah mempersiapkan tangga yang nantinya akan dipakai untuk naik atau memasuki ruang tamu ini.

Sedangkan bab ruangan kosong yang berada di bawah rumah Lamin ini pada umumnya dipakai sebagai tempat meletakkan hewan dan makhluk hidup ternak yang dimiliki keluarga atau penghuni rumah Lamin ini.


c. Fungsi Ruang Dapur
Ruangan dapur ini di gunakan sebagai tempat mengolah materi kuliner untuk penghuni rumah Lamin ini, selain sebagai tempat mengolah makanan, juga di jadikan sebagai tempat menyimpan bahan-bahan makanan.

2.  Warna Rumah Lamin Yang Khas

Untuk penggunaan warna pada Rumah Lamin khas Kalimantan Timur ini mempunyai ciri khas tersendiri, biasanya memakai warna-warna kontras warna-warna tersebut diantaranya yakni warna kuning,warna hitam,warna merah,warna biru, serta warna putih, adapun warna putih yakni yang paling meliputi semuanya warna rumah Lamin ini, pengertian dan klarifikasi dari tiap-tiap warna yang terdapat pada rumah lamin ini diantaranya yakni :

Warna merah yakni warna yang melambangkan keberanian, untuk warna kuning melambangkan kewibawaan, untuk warna yang putih melambangkan kekebersihanan jiwa, dan untuk warna hitam melambangkan keteduhan.

c. Struktur Kontruksi Bahan
Adapun struktur dari konstruksi bangunan Rumah Lamin yang di jadikan sebagai Rumah susila suku Dayak Kenyah Kalimantan Timur ini yakni terbuat dari materi pilihan dan yang paling umum di gunakan yakni sikayu nomor satu di dunia ini yaitu kayu ulin. Kayu tersebut di pilih alasannya mempunyai kualitas terbaik yang ada di hutan Kalimantan.

Kayu ulin ini dikenal sangatlah besar lengan berkuasa dari segala iklim, tidak memperringan dan sepele lapuk dan akan semakin baik jikalau berada digenangan air, sehingga penggunaan kayu ini sangat dampak dan imbastif untuk daerah-daerah yang cukup banyak mengandung air menyerupai di Kalimantan.

Kayu ulin yang juga dijuluki sebagai kayu besi ini biasanya di gunakan sebagai tiang penyangga bagi rumah Lamin khas Kalimantan Timur ini.

d. Pembagian Ruangan Rumah Lamin Khas Kalimantan Timur

Seperti yang telah admin jelaskan di bab atas tadi bahwa Fungsi atau kegunaan dari rumah tradisional susila Dayak Kenyah yang di sebut Rumah Lamin ini terbagi-bagi atas tiga fungsi menurut tiap-tiap ruangannya, adapun bagian-bagian tersebut meliputi bab dapur, bab ke dua yakni ruangan tidur, sedangkan yang ketiga yakni ruang tamu.

Selain bagian-bagian tersebut ada pula bab lain yang belum admin jelaskan, bab tersebut diantaranya yakni :

1.  Aksesoris Rumah Lamin Kalimantan Timur
Pada umumnya Rumah Lamin ini ditidak ada yang kurangi dengan mengembangkan ornament atau aksesoris tabrakan tertentu, aksesoris yang meliputi semuanya yakni aksesoris berupa patung-patung atau totem, Patung-patung atau totem tersebut merupakan citra dari para dewa-dewa yang dipercaya oleh masyarakat suku Dayak kuno sebagai penjaga rumah beserta penghuninya dari segala ancaman yang akan menimpa.
 
Nah itulah tadi klarifikasi perihal Fungsi dan Keunikan Rumah Lamin Adat Provinsi Kalimantan Timur ,semoga memberi manfaat dan salam METIF-.
Advertisement

Iklan Sidebar